Home / Kabar Desa / GAGAL PANEN AKIBAT WERENG COKLAT DAN VIRUS KERDIL

GAGAL PANEN AKIBAT WERENG COKLAT DAN VIRUS KERDIL

Website Desa – Pemerintah Desa Ajibarang Kulon bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pusat, Propinsi, Kabupaten, PPL Dan Petani (9/2) Melihat hamparan yang terkena serangan hama wereng di sekitar komplek KUD atau kelompok tani SRI AYU, melakukan pengamatan tanaman padi yang terkena serangan hama dan virus, ternyata bukan hanya terkena serangan hama wereng coklat tetapi juga terkena virus kerdil, Virus kerdil adalah virus yang membuat tanaman tidak bisa tumbuh normal seperti tanaman biasa dan apabila sudah terkena virus kerdil tanaman harus di musnahkan ini adalah tindakan satu-satunya untuk mengatasi virus kerdil agar tidak menyebar luas di areal lahan pertanian di desa Ajibarang Kulon.
Sugeng (39) selaku petani dalam kegiatan tersebut mengatakan “Sebagai petani kami mengharapkan kepada pemerintah lewat dinas terkait untuk bisa membantu petani baik dalam pengamatan, penelitian yang rutin, ataupun bentuk bantuan bibit tanaman dan obat obatan.”
Tindakan-tindakan yang dilakukan adalah pembabatan tanaman yang terkena hama wereng coklat dan virus kerdil dan dilakukan juga pembakaran,
Disebelah utara yang terkena hama dan virus atau dikelompok Gandasari Ayu dilakukan penyemprotan dengan insektisida pada tanaman muda yang mencapai kurang lebih 10 bau menggunakan insektisida Sida Bas, penyemprotan kedua dilaksanakan tanggal 11,12,13 Februari 2018 menggunakan insektisida Aploud karena diperkirakan pada tanggal-tanggal tersebut telur wereng coklat telah menetas. Dan ini adalah saat yang tepat untuk pembasmian. Luas lahan yang terkena serangan hama wereng coklat dan virus kerdil kurang lebih mencapai 6 Hektare (Sepetak-petak/tidak terkumpul padi satu lahan) yang mengakibatkan sebagian petani mengalami gagal panen dan diperkirakan megalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah. (MU)

About admindesa

Check Also

Oncor-oncor Jentik Nyamuk pada gerakan PSN Serentak di Ajibarang Kulon

Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilaksanakan serentak di Ajibarang Kulon (Rabu, 17-02-2016). Kegiatan ini dipantau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *