Home / Kabar Desa / PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN SAYUR

Senin, 25 November 2019, Pemerintah desa Ajibarang Kulon, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas gelar pelatihan Budidaya Tanaman Sayur di gedung gelora Ajibarang Kulon. Acara pelatihan ini dihadiri oleh kepala desa Ajibarang Kulon, Ibu-ibu PKK, RT, RW serta Sudiono, S.PKP. (Dinas Pertanian Kecamatan).

Dalam sambutan Kepala Desa Ajibarang Kulon Solikhin, Pelatihan Budidaya Tanaman Sayur merupakan suatu rangkaian kegiatan pelatihan yang menggunakan APBDES Tahun 2019 bidang pemberdayaan masyarakat.

Menurut nara sumber Sudiono,S.PKP. Pelatihan Budidaya Tanaman Sayur
merupakan salah satu alternatif usaha keluarga bagi ibu-ibu ataupun bapak-bapak yang mempunyai waktu luang. Selain sebagai hobi juga bisa untuk tambahan penghasilan keluarga.
Bagi keluarga yang mempunyai pekarangan luas selain tanaman sayur juga bisa ditambah usaha tanaman yang lain, hewan ternak dan kolam ikan. Apabila tanah pekarangan sempit bisa menggunakan media pot.
Jenis-jenis tanaman dibagi menjadi 3 :
1. Tanaman hias
2. Tanaman sayuran
3. Tanaman buah
Agar mendapatkan hasil tanaman sayur yang bagus diperlukan adanya media tanah, serat batu dan bahan media tanam yang terdiri dari :

  1. Top soil lapisan tanah olah.
  2. Pasir halus bukan dari sungai yang berlumpur / dilakukan pengayaan / bersih dari biji gulma.
  3. Pupuk kandang/kompos telah mengalami pelapukan / baik dari kotoran kambing / kompos olahan fermentasi paling baik dari kacang kacangan.
  4. Arang sekam / sekam busuk dibuat dari sekam padi.
  5. Kapur pertanian.

Semangat dan antusias peserta latihan menunjukan adanya ketertarikan dan minat yang besar, untuk memanfaatkan pekarangan yang sempit ataupun yang luas sebagai usaha budidaya tanaman sayur.

(Fuad R/FR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *