Home / Kabar Desa / PELATIHAN KADER BKR (Bina Keluarga Remaja)

PELATIHAN KADER BKR (Bina Keluarga Remaja)

Jum’at, 29 November 2019 – Pemerintah desa Ajibarang Kulon, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas gelar pelatihan Kader BKR (Bina Keluarga Remaja) kepada ibu-ibu PKK. Pelatihan tersebut merupakan suatu rangkaian program APBDes Tahun 2019. Acara pelatihan ini dihadiri oleh kepala desa Ajibarang Kulon, Ibu-ibu PKK, serta H. Narsum (PLKB Kecamatan)

Dalam sambutan A. Solikhin (kepala desa Ajibarang Kulon),
Diharapkan setelah pelatihan ada kesinambungan untuk melanjutkan materi pelatihan dalam bentuk kegiatan nyata di masyarakat, menjadi potensi usaha yang menghasilkan.

Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016 kampung KB Berkembang pesat sampai sekarang. Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah.

Menurut H. Narsum, Program kerja Kampung KB desa Ajibaranga Kulon.
Perencanaan kegiatan dengan cara mengamati permasalahan yang ada, potensi peluang memberikan penyuluhan, jejaring (lembaga-lembaga yg ada) di lingkungan. Kampung KB tidak hanya mengurusi KB, tapi juga ikut dalam pembangunan skala kecil di desa (contoh penanganan masalah sampah, masalah narkoba, masalah pengkaderan) dan lain lain.

8 seksi dalam kampung KB
– Seksi Keagamaan
– Seksi Sosialisasi/Pendidikan
– Seksi Reproduksi
– Seksi Ekonomi
– Seksi Perlindungan
– Seksi Kasih Sayang
– Seksi Sosial Budaya
– Seksi Pembinaan Lingkungan
Dari 8 Seksi tersebut sangat berperan penting dalam mencari permasalahan dan mengatasi permasahan yang ada di desa.

Manfaat Kampung KB mengentaskan kemiskinan, mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Program ini melibatkan semua sektor pembangunan, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. Membangun masyarakat berbasis keluarga, menyejahterakan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

(FUAD R/FR)

About Desa Ajibarang Kulon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *