Home / Kabar Desa / PELATIHAN KERAJINAN PIRING LIDI DESA AJIBARANG KULON

PELATIHAN KERAJINAN PIRING LIDI DESA AJIBARANG KULON

Pemerintah desa Ajibarang Kulon, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas gelar pelatihan kepada ibu-ibu PKK, (Rabu, 6 November 2019). Adapun pelatihan yang digelar yaitu kerajinan tangan membuat piring dari bahan lidi pohon kelapa. Merupakan bahan yang ekonomis, mudah di dapat dan mempunyai nilai jual di pasaran. Pelatihan ini menggunakan anggaran dana desa yang merupakan Program APBDes 2019 Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Ajibarang Kulon.

Acara pelatihan ini dihadiri oleh Umroh selaku Ibu kepala desa Ajibarang Kulon, Ibu-ibu PKK, serta Ety, Halil, Lukman, Wahyu sebagai Pelatih kerajinan piring lidi.

Dalam sambutannya, Umroh berharap penggunaan dana desa tidak hanya untuk pembangunan fisik, tetapi lebih di titik beratkan untuk pemberdayaan masyarakat. Salah  satunya lewat pelatihan kerajinan piring lidi yang bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu PKK di bidang kerajian rumah tangga. Diharapkan bisa menambah pendapatan keluarga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat Ajibarang Kulon.

Sementara Wahyu, salah satu pelatih kerajinan tangan piring lidi berharap dalam kegiatan pelatian piring lidi, kami sangat mengapresiasi dengan peserta yang antusias dan jumlah yang banyak. Penghormatan kepada kepala Desa Ajibarang Kulon serta panitia yang telah mendampingi kami dalam  pelaksanaan tersebut, kami berharap para peserta bisa menguasai pembuatan piring dengan bahan lidi pohon kelapa. Peserta bisa mengembangkan hasil karyanya sebagai tambahan ekonomi keluarga, bisa menjadi alternatif hom industri lain di era sekarang yang sesuai dengan slogan pemerintah yaitu ” kembali ke alam”. Dalam hal ini kita di dukung pemerintah untuk menggunakan bahan-bahan organik. Kami juga berharap kepada pemerintah Desa Ajibarang kulon, untuk senantiasa memberikan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan sumber daya alam dan sumber daya manusia kepada masyarakat Ajibarang kulon khususnya dan salah satunya pelatihan piring lidi tersebut.

Meski dalam pengerjaannya dibilang sulit dan karena keterbatasan waktu yang singkat, sehingga kurang maksimal dalam pengerjaan serta hasilnya. Namun semangat dan antusias peserta latihan patut diacungi jempol. Hal ini menunjukan adanya ketertarikan, minat dan semangat yang besar untuk memanfaatkan lidi pohon kelapa yang biasa dibuang atau disepelekan. Lidi pohon kelapa dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan membuat piring bagi ibu-ibu di rumah untuk menambah pundi-pundi keuangan.

(FUAD R/FR)

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *